Rabu, 26 Juni 2013

Pasca Operasi


1. 12 jam setelah operasi badan sudah boleh di gerakkan baring kesamping (kata dokter). (Tetapi menurut pengalaman saya, bahkan setelah lebih 12 jam masih belum bisa bergerak dan efek dari bius masih terasa.
2. Setelah kentut baru boleh minum sedikit. Setelah kurang lebih 15 jam dari operasi saya akhirnya minum. Tapi harus pelan dan 2 sendok saja. Setiap 1 jam boleh 3 sendok.
3. Akhirnya 18 jam setelah operasi, saya di perbolehkan makan bubur saring..Beberapa sendok makanan yang masuk sudah berasa kenyang.
4. Latihan duduk dapat dilakukan setelah 24 jam setelah operasi. Dan sangat berat melakukan gerak apalagi duduk sehingga saya belum bisa duduk namun tetap latihan untuk berbaring miring. Atau berbaring dengan posisi bantal tinggi.
5.Hati-hati jika punya alergi dengan obat tertentu, karena akan mempengaruhi kondisi tubuh. Gatal pada kulit dan bengkak pada mata dan bibir.
6.Rasa sakit pada perut pada saat batuk dan bersin.
7.Latihan Berdiri dilakukan 36 jam pasca operasi. Latihan berjalan dapat dilakukan tetapi bertahap dan dilakukan pelan-pelan.
8.Kondisi perut yang tidak nyaman akan berangsur-angsur mereda setelah buang air besar. Oleh karena itu perbanyak minum air putih.
9.Mungkin terjadi sembelit oleh sebab itu makan serat tinggi seperti agar-agar dan buah-buahan pepaya, dapat membantu. Hindari apel dan pisang.
10.Jahitan dibuka setelah seminggu (ini berbeda pada setiap orang).hindari terkena air pada luka jahitan
11.Makan makanan yang lembut dan tidak pedas sangat membantu untuk pemulihan pada bagian dalam.

SEMOGA BERMANFAAT UNTUK TEMAN-TEMAN YANG MENBACA :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar